Yamaha MT-09 Y-AMT 2025, Hadir dengan Transmisi Semi-Otomatis Elektromagnetik

Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa MT-09 Y-AMT yang akan diproduksi sebelum akhir tahun ini adalah model pertama dari beberapa model yang diperkirakan akan dilengkapi dengan transmisi semi-otomatis elektromagnetik terbaru. Sebagai bagian dari rencana Yamaha untuk memperluas penggunaan transmisi semi-otomatis ini, MT-09 Y-AMT akan menjadi model pertama dan kemudian . sistem transmisi Y-AMT ini nantinya akan diaplikasina pada model Yamaha lainnya.

Secara mekanis, MT-09 Y-AMT identik dengan versi manual, namun perbedaan yang langsung terlihat adalah tidak adanya tuas kopling dan pedal persneling. Mesin yang digunakan masih sama, yaitu mesin triple CP3 bertenaga 117 dk. Tidak ada perubahan pada sasis aluminium cor maupun suspensi yang dapat disetel.

Penambahan sistem Y-AMT hanya menambah berat sekitar 3 kg pada motor. Sistem ini menggunakan aktuator elektromagnetik eksternal untuk kopling dan persneling yang terhubung ke unit kontrol elektronik tersendiri. Sistem ini bekerja harmonis dengan sensor sepeda motor, IMU 6 sumbu, dan throttle ride-by-wire untuk menghasilkan perpindahan gigi yang halus.

Dalam mode pengoperasian sepenuhnya otomatis, ada dua pengaturan: “D” untuk berkendara normal, dan “D+” yang memungkinkan mesin mencapai putaran lebih tinggi untuk performa yang lebih baik. Namun, tuas persneling di stang masih dapat digunakan kapan saja untuk mengambil alih kendali transmisi.

Sistem Y-AMT Yamaha ini nantinya juga akan tersedia di model-model lain yang menggunakan mesin CP3 dan CP2, seperti Tracer 9 GT+, Niken, XSR900, R9, dan lainnya. Kehadiran transmisi semi-otomatis ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan penggunaan dan kenyamanan berkendara bagi konsumen Yamaha.

Sumber : Yamaha

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *