Di tengah persaingan industri asuransi yang semakin ketat, inovasi layanan menjadi faktor krusial dalam membangun kepercayaan pelanggan. Asuransi Astra terus beradaptasi dengan perubahan dan menghadirkan berbagai terobosan yang tak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga memperkuat loyalitas mereka. Berkat strategi inovatifnya, Asuransi Astra sukses meraih empat penghargaan bergengsi di ajang The 10th Indonesia WOW Brand 2025.
Asuransi Astra memperoleh predikat Gold Champion kategori General Insurance dengan produk asuransi mobil Garda Oto pada WOW Brand Award 2025. Selain itu, perusahaan juga memenangkan predikat Gold Champion kategori PR Campaign dengan kampanye #LangkahSederhana, predikat Silver Champion kategori PR Campaign dengan layanan Riang, serta predikat Bronze Champion kategori Below The Line dengan program One Day with Garda Oto di Indonesia Branding Campaign of The Year 2025. Penghargaan ini diserahkan kepada Deputy VP MV Marketing – New Account Development Asuransi Astra, Christian Suyoto, dalam acara yang berlangsung di The Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta (26/2).
Keberhasilan Asuransi Astra dalam meraih berbagai penghargaan tidak lepas dari komitmennya dalam menghadirkan pengalaman pelanggan yang optimal. Melalui Garda Oto, perusahaan menawarkan layanan berbasis digital yang memudahkan pelanggan dalam pembelian dan perpanjangan polis, pelaporan klaim, hingga permintaan layanan darurat. Mobile apps myGarda dan WhatsApp Garda Akses 08950 1 500 112 menjadi solusi bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan cepat dan responsif kapan saja.
Selain itu, Asuransi Astra juga menghadirkan berbagai inisiatif yang mendekatkan diri dengan pelanggan, salah satunya melalui Customer Gathering di enam kota besar di Indonesia, seperti Semarang, Balikpapan, Palembang, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Acara ini mencakup edukasi literasi keuangan, layanan kesehatan seperti medical check-up, inspeksi kendaraan, hingga aktivitas hiburan yang memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.
Selain mengoptimalkan layanan dan produk, Asuransi Astra juga menjalankan kampanye sosial yang berdampak bagi masyarakat. Program #LangkahSederhana, yang berlangsung dari Maret hingga Juni 2024, mendukung Astra 2030 Sustainability Aspirations dan ESGs dalam berbagai aspek, mulai dari kesetaraan gender hingga keberlanjutan lingkungan. Kampanye ini juga melibatkan program digital seperti Donasi Pohon bersama Garda Oto dan Show Your Green Corner photo challenge di media sosial.
Sementara itu, untuk memastikan pelayanan terbaik dari sisi internal, Asuransi Astra meluncurkan strategi layanan ‘Riang’ yang merupakan akronim dari Ringkas, Andal, dan Mengesankan. Strategi ini diperkuat dengan peluncuran aplikasi Riang, Riang Guidebook, serta seragam baru untuk karyawan guna menciptakan budaya kerja yang lebih kolaboratif dan proaktif.
Asuransi Astra memahami bahwa kepercayaan pelanggan bukan hanya dibangun melalui produk dan layanan, tetapi juga melalui hubungan yang erat antara perusahaan dan konsumennya. Dengan terus berinovasi dan menghadirkan solusi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, Asuransi Astra semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di industri asuransi.
“Keberhasilan ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi kami, tetapi juga bukti bahwa layanan yang kami berikan benar-benar bermanfaat bagi pelanggan. Kami akan terus berinovasi dan memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik, baik dalam layanan, produk, maupun interaksi dengan Asuransi Astra,” ujar Christian Suyoto, dalam siaran resmi, Kamis (6/5/2025)