Saat dunia otomotif sibuk membicarakan mesin hidrogen Jepang atau inovasi bahan bakar Swedia, Italia justru memukau dengan kejutan lain. Bukan dari Ferrari atau Lamborghini, melainkan Ducati—produsen motor legendaris asal Bologna—yang kini mencuri perhatian. Dengan mesin V-Twin 890cc terbaru, Ducati membuktikan bahwa kehebatan rekayasa Italia tak hanya milik mobil sport, tapi juga motor. Bagaimana mungkin mesin seberat 54 kg (120 pon) ini bisa menghasilkan 120 tenaga kuda dan mencapai 10.750 RPM? Simak terobosan yang disebut-sebut sebagai “revolusi dua roda” ini!

Seperti dilansir Ecoticias.com, mesin V2 generasi terbaru Ducati ini bukan cuma yang teringan, tapi juga paling bertenaga dalam kelasnya. Dengan desain 90° V-Twin, mesin 890cc ini menghasilkan 120 HP dan torsi 68,8 lb-ft, setara dengan mobil sport entry-level. Redline hingga 10.750 RPM memungkinkan akselerasi agresif tanpa kehilangan tenaga di putaran menengah—sebuah prestasi teknik yang sulit ditandingi

Sejak diluncurkan pada 2023, mesin V2 telah menggerakkan Streetfighter V2, Panigale V2, dan Multistrada V2. Namun bocoran dokumen NHTSA AS mengungkap rencana Ducati memperluas penggunaan mesin ini ke model Monster dan DesertX pada 2026. Kode mesin “U” untuk Monster dan “A” untuk DesertX menunjukkan penyesuaian khusus—seperti gearbox adv untuk Desert

Strategi modular ini memungkinkan Ducati menyederhanakan produksi sambil memastikan performa tinggi di semua lini. “Ini langkah berani. Dengan satu platform mesin, Ducati bisa bersaing di pasar sport, touring, hingga adventure,” kata analis industri otomotif.

Dengan bobot hanya 54 kg, mesin V2 Ducati menawarkan rasio tenaga-berat yang rivalisasi supercar. Sebagai perbandingan, Lamborghini Huracán memiliki rasio 4,1 kg/HP, sementara mesin V2 Ducati mencapai 0,45 kg/HP—jauh lebih efisien! Ini membuka potensi akselerasi luar biasa untuk motor, sekaligus memudahkan perawatan dan modifikasi

Ekspansi mesin V2 ini bukan sekadar upgrade teknis, tapi sinyal Ducati untuk bersaing dengan inovasi motor listrik Jepang. Jika produsen Asia fokus pada tenaga ramah lingkungan, Ducati menjawab dengan mesin bakar yang lebih ringan, bertenaga, dan serbaguna.

Para penggemar telah menanti pengumuman resmi Ducati tentang varian mesin V2 untuk DesertX dan Monster. Bocoran kode VIN dan konfigurasi mesin mengisyaratkan peluncuran pada musim gugur 2025—bersamaan dengan pembaruan Panigale V4 R.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *