VinFast Auto Ltd, anak perusahaan dari Vingroup JSC, melaporkan neraca keuangan keuangan tidak diaudit untuk kuartal pertama yang berakhir 31 Maret 2024 lalu. Pendapatan kuartal pertama naik 269,7% tahun-ke-tahun (YoY) menjadi $302,6 juta. Pengiriman mobil naik 444% YoY menjadi hampir 9.700 kendaraan. Perusahaan ekspansi di pasar baru di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Thailand, Timur Tengah & Afrika, serta memulai pembangunan fasilitas manufaktur di India, dan mengembangkan jaringan penjualan di seluruh dunia
Ny. Thuy Le, CEO Vinvast Auto Ltd, mengatakan: “Meskipun ada ketidakpastian ekonomi dan geopolitik global, kami melihatnya itu hanya rintangan sementara. Dengan rangkaian produk yang beragam, jaringan penjualan global yang tumbuh cepat, kebijakan purna jual yang luar biasa, dan kebijakan berlangganan baterai inovatif kami, VinFast telah menguraikan arah jalan yang benar untuk tetap berkomitmen pada target untuk mengirimkan 100.000 kendaraan listrik di tahun 2024,” katanya.
Anh Nguyen, Chief Financial Officer VinFast, menambahkan: “Kami tetap berkomitmen untuk mendorong kelanjutan di seluruh bisnis kami. Fokus kami pada optimalisasi bahan, keunggulan kualita s produk, manajemen biaya yang d akan menjadi kunci untuk memberikan nilai berkelanjutan bagi pemegang saham kami.”
Pengiriman dan Pendapatan Melonjak
VinFast mengirimkan total 9.689 kendaraan pada kuartal pertama tahun 2024, menandai peningkatan sebesar 444% year-over-year (YoY). Total pendapatan yang diraih adalah US$302,6 juta, meningkat 269,7% dari kuartal pertama tahun 2023 lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh kampanye baru yang sukses seperti perluasan jaringan dealer VinFast dan animo konsumen terhadap model mobil listrik baru.
Kerugian kotor pada kuartal pertama tahun 2024 adalah US$150,8 juta, sementara margin kotor meningkat dari negatif (172,9%) pada kuartal pertama tahun 2023 menjadi negatif (49,8%) pada kuartal pertama tahun 2024.
Membangun Fondasi yang Kuat
Pada kuartal pertama tahun 2024, VinFast terus mengikuti dengan cermat peta jalan pertumbuhan globalnya dengan meluncurkan mereknya di Thailand dan Indonesia, membangun kehadiran di Timur Tengah, memulai pembangunan fasilitas manufaktur di India, dan meningkatkan jaringan penjualannya secara global.
Meskipun penjualan domestik masih mendominasi sebagian besar pendapatan kuartal ini, VinFast mencatat pertumbuhan yang menggembirakan di pasar AS, dengan beberapa peningkatan penjualan dari dealer baru.
Pada kuartal pertama tahun 2024, VinFast juga telah bermitra dengan 10 dealer baru, menjadikan total jaringan AS menjadi 16 dealer di 7 negara bagian, termasuk Carolina Utara, New York, Texas, Florida, Kansas, Connecticut, dan Kentucky.
Di luar pasar saat ini, VinFast berupaya meningkatkan penjualan di pasar di seluruh Asia Tenggara. Pada Bangkok International Motor Show 2024, Perusahaan secara resmi meluncurkan mereknya di Thailand dan menandatangani Letter of Intent dengan 15 dealer, dengan target mengoperasikan 22 dealer di Bangkok.
Di Indonesia, VinFast resmi membuka dealer store pertamanya dan memulai penjualan VF e34, electric SUV segmen-C. Perusahaan juga menerapkan kebijakan berlangganan baterai yang unik di pasar, yang dirancang khusus untuk mendorong konsumen Indonesia beralih ke kendaraan listrik dengan menawarkan biaya awal dan operasional yang lebih rendah.
Pada bulan Maret, VinFast resmi memulai pengiriman VF 7, electric SUV segmen-C kepada pelanggan di Vietnam. Perusahaan juga memperluas jejak globalnya dengan perjanjian distribusi pertama yang ditandatangani di Oman, Ghana, dan Mikronesia.
Meskipun menghadapi tantangan makro-ekonomi yang dihadapi industri kendaraan listrik, VinFast tetap berkomitmen pada target pengiriman 100 unit mobil.