Praga R1 berasal dari Republik Ceko. Mobil ini lahir dari upaya bersama antara Praga Cars dan Rejsa Racing pada tahun 2013. Didesain untuk kecepatan, Praga R1 dirancang untuk memberikan pengalaman balap yang tak tertandingi di lintasan.
Praga R1 ditenagai mesin Renault 2.0-liter turbocharged dengan transmisi sequental 6-speed yang mampu menghasilkan tenaga 365 Hp 6900 RPM. Torsi 395 Nm @ 3750–6000 RPM. Kokpitnya dirancang ergonomis dan jok balap dengan sistem harness memberikan dukungan maksimal saat menghadapi tekanan G tinggi di lintasan.


Praga R1 dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan downforce dan efisiensi aerodinamis. Fitur-fitur seperti splitter depan yang besar, diffuser belakang, dan spoiler yang dapat disesuaikan membantu menjaga mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi, memberikan pengemudi kendali penuh di sepanjang sirkuit.
Selain itu, mobil ini memiliki performa tinggi namun dengan harga yang rasional. Menggunakan material yang ringan sehingga ketika mobil ini melaju di sirkuit, mampu mengurangi tingkat konsumsi keausan ban yang efektif. Selain itu, mobil ini juga memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Praga R1 juga tidak mengorbankan kenyamanan pengemudinya. Interior yang ergonomis dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti layar LCD berwarna, sistem telemetri, dan kursi balap yang dapat disesuaikan, memastikan pengemudi dapat fokus sepenuhnya pada kinerja mobil.
Praga R1 ditawarkan dengan harga mulai Rp 2,5 – 5 milyar. Tergantung spesifikasi yang dimaui pemilik.