Langkah strategis kembali diumumkan oleh VinFast dengan menjalin kemitraan bersama PT Penta Artha Impressi (Bengkel BOS), penyedia layanan purna jual terkemuka di Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan memaksimalkan keuntungan bagi para pemilik kendaraan listrik (EV). Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi agresif VinFast dalam memperluas jaringan penjualan dan purna jual seiring dengan pertumbuhan lini produk kendaraan listriknya di pasar Indonesia.
Melalui perjanjian kerjasama ini, sebanyak 12 bengkel resmi milik PT Penta Artha Impressi (Bengkel BOS) akan diotorisasi untuk menyediakan layanan perbaikan, garansi, dan pemeliharaan untuk seluruh model kendaraan listrik VinFast. Jaringan bengkel yang tersebar di lokasi-lokasi strategis seperti Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Tangerang, dan Yogyakarta ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses maksimal bagi para pelanggan VinFast.
Seluruh layanan pemeliharaan, perbaikan, dan klaim garansi yang disediakan oleh Bengkel BOS akan sepenuhnya mengikuti standar kualitas dan prosedur yang ditetapkan oleh VinFast. Jaringan pusat layanan ini dilengkapi dengan fasilitas, mesin, dan peralatan modern yang memenuhi persyaratan teknis ketat.
Sebagai mitra strategis bengkel resmi, Bengkel BOS juga akan mendistribusikan suku cadang dan komponen asli VinFast. Hal ini memastikan bahwa para pengguna kendaraan listrik VinFast di Indonesia memiliki akses terhadap produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar global VinFast.
Selama masa kemitraan, VinFast berkomitmen untuk menyediakan pelatihan personel dan dukungan teknis yang komprehensif kepada Bengkel BOS. Dukungan ini menjadi krusial seiring dengan ekspansi lini produk kendaraan listrik VinFast di Indonesia dan proyeksi peningkatan jumlah pengiriman kendaraan kepada konsumen.
Direktur Utama PT Penta Artha Impressi (Bengkel BOS), Endro Arifin dalam siaran resmi, Kamis (17/4/2025) mengatakan, “dengan memanfaatkan pengalaman, keahlian lokal, dan jaringan bengkel kami yang luas, kami merasa terhormat menjadi mitra strategis VinFast dalam perjalanannya menaklukkan pasar Indonesia. Bersama-sama, Bengkel BOS dan VinFast berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada konsumen sekaligus berkontribusi pada pengembangan berkelanjutan pasar kendaraan listrik di Tanah Air.”
CEO VinFast Asia, Bapak Pham Sanh Chau, menyampaikan, “Untuk mempercepat transisi hijau di Indonesia, kami percaya bahwa membangun kepercayaan pelanggan yang kuat dan jangka panjang adalah yang terpenting. Untuk mencapai hal ini, VinFast secara aktif berkolaborasi dengan mitra-mitra terkemuka untuk memperluas jaringan bengkel resmi kami di Indonesia. Kami tetap teguh pada komitmen kami terhadap tiga pilar utama yang telah mendefinisikan merek VinFast: produk berkualitas tinggi, harga yang inklusif, dan layanan purna jual yang luar biasa.”
VinFast saat ini menawarkan salah satu portofolio kendaraan listrik terlengkap di pasar, mulai dari mini-SUV VF 3 dan SUV segmen A VF 5 hingga SUV segmen C VF e34. Sejalan dengan ekosistem produknya yang terus berkembang, VinFast juga memperluas jaringan dealer dan bengkel resminya di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada para konsumen.
Secara bersamaan, VinFast juga tengah membangun ekosistem mobilitas hijau yang komprehensif melalui kolaborasi strategis dengan mitra-mitra kunci, termasuk operator taksi listrik GSM dan pengembang infrastruktur pengisian daya global V-GREEN.