Motorsport Brand TOYOTA GAZOO Racing Hadirkan Excitement & Joy of GR di IIMS 2025

PT. Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk menyajikan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) dengan karakter sport yang kuat melalui produk dan aktivitas Toyota. Dalam rangka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran pada 13–23 Februari 2025, TGR memperkenalkan motorsport brand GAZOO Racing (GR) kepada publik.

GAZOO Racing, yang berbasis pada kendaraan massal Toyota yang telah terbukti andal, menawarkan pilihan line-up yang semakin lengkap untuk memenuhi kebutuhan mobilitas individu yang berjiwa sporty. Brand ini juga berpartisipasi aktif dalam dunia balap, memberikan kesempatan bagi para penggemar motorsport untuk merasakan Excitement & Joy of GR dari sisi sirkuit.

“Toyota menyadari bahwa pemilik kendaraan di Indonesia memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap mobil sport serta mobil dengan desain dan performa sporty. Kami memahami bahwa pelanggan memiliki kebutuhan solusi mobilitas yang beragam. Oleh karena itu, kami menghadirkan brand motorsport GAZOO Racing dengan berbagai pilihan produk. Tahun ini, kami juga menyiapkan berbagai aktivitas menarik untuk memperluas Joy of GR agar dapat dinikmati oleh semua orang,” jelas Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Fokus GAZOO Racing di Indonesia dalam siaran resmi,Jumat (21/2/2025)

Brand GAZOO Racing di Indonesia memusatkan perhatian pada tiga aspek penting: Produk, Motorsport, dan Komunitas. Ketiganya saling bersinergi untuk menghadirkan Excitement & Joy of GR yang lebih luas bagi seluruh penggemar motorsport dan GR enthusiast di Indonesia, termasuk masyarakat umum yang ingin tampil lebih sporty saat mengemudi.

Produk GR pertama yang menarik perhatian pecinta kecepatan di Indonesia adalah sports car GR Supra pada tahun 2019, diikuti oleh GR Yaris pada tahun 2021. Setelah itu, varian GR Pure yang dipasarkan adalah GR86 dan GR Corolla. Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang menawarkan keempat produk GR Pure sebagai penghargaan atas antusiasme tinggi dari penggemar GR.

Saat ini, terdapat 15 line-up produk yang terdiri dari GR Pure, GR Sport, dan GR Parts. Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap varian GR Sport dan GR Parts terlihat dari data penjualannya yang mendominasi, dengan rata-rata komposisi setiap varian mencapai 84%.
Performa dan Teknologi

GR enthusiast tidak hanya dimanjakan oleh penampilan sporty dan karakter berkendara yang menyenangkan. Model Yaris Cross GR Parts HEV dan RAV4 GR Sport PHEV dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi yang meningkatkan performa dan pengalaman berkendara secara keseluruhan.

Untuk mendukung aktivitas motorsport sebagai inti dari brand GR, TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) didirikan pada tahun 2022. Dengan moto “Pushing The Limit for The Better,” Toyota berkomitmen untuk berkompetisi di ajang balap nasional menggunakan kendaraan sehari-hari. Toyota terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan performa mobil berdasarkan pengalaman dari ajang balap.

Sejak berdirinya pada tahun 2022, Agya GR Sport dan Yaris GR Sport telah membawa TGRI meraih banyak gelar juara nasional dalam balap touring dan slalom car. Selain itu, GR Yaris juga berhasil meraih podium juara nasional di ajang rally dan sprint rally. Dalam dunia e-motorsport, pembalap TGR GT Cup Indonesia selalu berhasil mencapai tingkat global sejak tahun 2021.

Untuk menyediakan one-stop community hub bagi GR enthusiast, authorized GR Garage pertama telah dibuka di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. GR Garage menawarkan berbagai fasilitas dan layanan untuk memenuhi kebutuhan modifikasi, pemasangan GR Performance Parts, dyno test, serta layanan motorsport lainnya. Pelanggan juga dapat menemukan GR Merchandise, kafe, dan co-working space yang memberikan pengalaman lifestyle bernuansa balap.

“Bagi Toyota, motorsport bukan hanya sekadar hobi atau hiburan. Sebelum TOYOTA GAZOO Racing berdiri pada tahun 2015, Toyota telah memiliki rekam jejak yang panjang dan membanggakan dalam olahraga balap global, seperti rally dan balap ketahanan dunia pada medio 1970-1990an. TGR melanjutkan prestasi tersebut dengan menggunakan mobil balap yang terlatih di berbagai sirkuit dunia. Sejalan dengan visi ‘Roads Build People, People Build Cars’, olahraga balap merupakan salah satu strategi Toyota untuk menciptakan kendaraan produksi massal yang andal dan memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *