BMW telah melakukan pembaruan pada motor cruiser R18, menjelang tahun 2025. Meskipun penjualannya mungkin tidak secepat yang diharapkan, namun pabrikan asal Jerman ini tetap meluncurkan serangkaian peningkatan yang menarik.
Dengan mesin berkapasitas 1.802cc, semua model R18 kini menawarkan peningkatan torsi sebesar 3,6 lb-ft pada 3.000 rpm, membuat torsi puncak mencapai 120 lb-ft. Peningkatan ini berasal dari pembaruan ECU dan pemetaan, yang memastikan lebih dari 110 lb-ft torsi selalu tersedia antara 2.000 hingga 4.000 rpm. Meskipun daya yang dihasilkan tetap 89 bhp, peningkatan torsi ini diharapkan mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif.
Di antara perubahan signifikan lainnya, semua model R18 sekarang menggunakan ukuran roda belakang yang diperbarui menjadi 18 inci, disertai dengan pelindung depan dan belakang yang juga telah diperbaharui. Untuk yang menginginkan gaya klasik, roda belakang berukuran 16 inci masih tersedia sebagai opsi. Desain roda kini dilengkapi dengan tujuh spoke ganda dan hasil pemotongan kontras yang memberikan tampilan yang lebih menarik.
Suspensi juga mengalami penyesuaian untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, dengan tarif pegas dan peredam baru pada peredam kejut belakang. Ukuran ban belakang yang baru adalah 180/55, selaras dengan ukuran roda belakang yang telah diperbarui.


Rangkaian R18 kini dilengkapi dengan knalpot baru berbentuk bulat yang menggantikan knalpot ‘fishtail’ yang terlihat lebih klasik pada model sebelumnya. Tampilan visual juga diperbarui dengan samping penutup baru dan tangki bahan bakar yang disesuaikan untuk model 2025.
Salah satu perubahan paling mencolok adalah transisi dari fork terbungkus pada model sebelumnya ke tampilan Rough look pada model 2025. Hanya model dasar yang mendapatkan suspensi depan telanjang baru, sedangkan model Classic, Roctane, R18 B, dan Transcontinental tetap menggunakan shroud untuk memberikan nuansa vintage yang lebih kuat.
Model R18 Classic kini dilengkapi dengan pelindung depan baru yang dipinjam dari R18 B, serta roda depan berukuran 19 inci yang menggantikan roda 16 inci dari model sebelumnya. Selain itu, kursi tunggal baru dengan busa 10mm lebih tebal juga ditambahkan, serta lampu DRL yang menjadi standar di Inggris dan soket pengisian USB-C.
Untuk yang menyukai tampilan stealth, model Blacked Out kini tersedia dengan cat hitam mengkilap dan sentuhan krom gelap. Pilihan ini mencakup komponen lain dalam Black High Gloss atau Dark Chrome, memberikan kesan yang lebih misterius.


R18 Roctane juga mendapat skema warna baru, Two-Tone Dragonfire Red Metallic, serta berbagai peningkatan opsional lainnya. Paket kenyamanan baru yang mencakup kontrol hill hold, tutup pengisi bahan bakar yang dapat dikunci, sistem pemantauan tekanan ban, dan pegangan pemanas juga ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman berkendara.
Dengan berbagai pembaruan ini, BMW R18 2025 tampak siap untuk memikat para penggemar motor cruiser, memberikan kombinasi antara performa, gaya, dan kenyamanan yang lebih baik.