Rally Dakar adalah ajang sport yang keras dengan medan yang snagat ekstrem, sehingga bisa menyebabkan perally mengalami cedera punggung saat pendaratan keras. Mobil Dacia Sandriders, salah satu peserta baru dalam ajang rally Dakar tersebut akan menggunakan perangkat keselamatan pengemudi. Pabrikan itu akan menggunakan kursi khusus ini untuk menyerap benturan di medan terjal saat mobil terbanting naik dan turun pada suspensinya. Ini membantu mengurangi kompresi tulang belakang pengemudi, yang sering mengalami cedera dalam beberapa tahun mendatang.
Prodrive telah mengembangkan sistem peredam yang akan digunakan pada ketiga kendaraan Dacia yang dikemudikan oleh Nasser Al-Attiyah, Sebastien Loeb dan Cristina Gutierrez, sebelum diwajibkan secara luas dalam regulasi Kejuaraan Rally Raid Dunia (World Rally Raid Championship [WR2C]) mulai tahun 2027 dan seterusnya.
Philip Dunabin, Direktur Teknis Prodrive, mengatakan, sejumlah kecelakaan di rally raid di mana mobil mendarat dengan sangat keras dan itu menyebabkan banyak cedera punggung, terutama bagi navigator [co-driver] tetapi juga pengemudi utama. “Oleh karena itu, Prodrive telah mengerjakan sistem untuk menambahkan yang disebut peredam kursi, jadi ketika benturan melewati tingkat G tertentu, kursi akan bergerak dan ada seperti sistem peredam kejut, sehingga kursinya tidak sepenuhnya terpasang secara kaku. “Dalam penggunaan normal, kursi tidak bergerak sama sekali, tetapi ketika ada benturan yang sangat besar, kursi bisa bergerak ke bawah dan menyerap benturan,” Tambahnya.
Dunabin menambahkan ini adalah pengembangan yang telah dikerjakan Prodrive untuk proyek Rally Dakar ini, Saat ini Dacia adalah satu-satunya mobil yang menjalankan menggunakan kursi peredam benturan ini. Rencananya, penggunaan kursi ini akan masuk ke dalam kalender rally Penerapannya… akan masuk ke dalam regulasi rally pada 2027 mendatang.
Seperti dikutip Motorsport.com, Upaya Dacia – dibantu oleh dukungan dari cabang Alpine Racing dari Renault Groupe – akan mencakup sejumlah teknologi yang dapat di transfer ke model mobil jalan raya pabrikan Rumania itu. Dacia telah mengerjakan pigmen dan resin, dalam hal ini pada serat karbon. “Ini adalah pigmen yang dimaksudkan untuk mengurangi penyerapan infra-merah, dimaksudkan untuk menjaga suhu di dalam mobil lebih rendah. Itu memiliki aplikasi bagi mereka dalam hal pengaturan pigmen di mobil jalan raya,” kata Dunabin.